Home | Profile | Map | Contact

Profil
· Profil Panti
· Visi dan Misi
· Struktur Organisasi
· Kegitan Penerima Manfaat

Menu Utama
· Depan
· Akun Anda
· Arsip Berita
· Downloads
· Gallery
· Kirim Berita
· Kontak
· Search
· Top 10
· Topics
· Web Links

Pencarian



Login
Nama Login

Password

Daftar
Lupa Password.


PSAA Darussa'adah Aceh: Berita

Cari pada Topik Ini:   
[ Kembali ke Halaman Depan | Pilih Topik Baru ]

MENATA ANAK INDONESIA PENGUAT KAKI BANGSA
Dikirim oleh adminweb pada Minggu, 21 Juli 2019
Berita
 
 
Anak terlahir dengan segenap asasi sebagai anak. Konsep mendasar demikianlah yang menjadikan kewajiban kita untuk menempatkan anak sebagai objek yang harus mendapatkan perlakuan sebagaimana harusnya. Anak selayaknya didukung pemenuhan kebutuhan dan implementasi hak mereka, hak untuk hidup, tumbuh kembang, partisipasi hingga perlindungan. 
 


258 kali dibaca (selengkapnya... | 6498 byte lagi | Nilai: 0)

Home Visit: Tahapan Intervensi Pekerja Sosial
Dikirim oleh adminweb pada Selasa, 06 November 2018
Berita
 

 

"A social worker visits the home to provide direct services, which usually includes parenting and child-development services" (Johnson, 2009; Stoltzfus & Lynch, 2009)

Home visit (visitasi rumah) adalah salah satu tanggung jawab pekerja sosial untuk menunjang tugas utama: pengembalian keberfungsian sosial. Banyak manfaat yang diperoleh dari pelaksanaan home visit bagi pekerja sosial anak. Pertama, pekerja sosial dapat mengetahui gambaran tentang kondisi rumah, masalah yang dihadapi, dan interaksi klien dengan masyarakat secara aktual. Informasi yang telah didapat dari home visit sangat berguna bagi penyusunan rencana intervensi pemecahan masalah.

 

Kedua, pekerja sosial dapat memberikan motivasi terhadap anak dan orang tua secara emosional, hal ini sangat membatu untuk mengurangi beban psikologis-sosial, yang sering kali tidak dapat teratasi secara mandiri.

 

Ketiga, dengan home visit, pekerja sosial -atau pun penyuluh sosial- dapat memberikan edukasi, informasi dan pengetahuan tentang pengasuhan anak kepada orang tua. Pemahaman terkait pendidikan bagi anak juga diberikan, supaya orang tua siap merencanakan pendidikan anak di masa depan. Selain itu, home visit bermanfaat untuk memetakan dan menggali potensi-sumber yang dimiliki oleh orang tua.

 

Loka Rehabilitasi Sosial Anak Membutuhkan Perlindungan Khusus (LRSAMPK) Darussaadah, melalui pekerja sosial dan penyuluh sosial, melakukan home visit ke Kabupaten Aceh Utara dan Kabupaten Aceh Tamiang. Home visit dilakukan secara berseri didua keluarga mulai 30 Oktober - 1 November 2018.

 

"Kegiatan home visit ini bertujuan mempersiapkan orang tua untuk pengasuhan anak dalam keluarga". Ujar Agung Yulianto selaku pekerja sosial.

 

Pada home visit kali ini pekerja sosial melakukan observasi keadaan rumah, lingkungan dan kondisi psikologis orang tua, serta melihat potensi yang dimiliki untuk menganalisis apakah orang tua benar-benar siap, apabila anak dikembalikan dalam keluarga.

 

Pengembalian anak ke dalam keluarga merupakan tahap persiapan perubahan nomenklatur LRSAMPK Darussaadah, yang otomatis juga berubah sasaran pelayanannya: anak yang membutuhkan perlindungan khusus sesuai dengan Undang-Undang 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan anak.

 

Ahmad D. Karomalloh (penyuluh sosial)



226 kali dibaca (selengkapnya... | Nilai: 5)

BAKTI SOSIAL (BAKSOS)
Dikirim oleh fetty pada Selasa, 09 Agustus 2011
Berita

 “MEMERIAHKAN HUT YONIF 112/RAIDER KE-57”

Oleh : Gina Natriani Putri, A.Md

 


Pada tanggal 27 Juli 2011 Rumah Sejahtera Darussa’adah (RSD) mendapatkan Bantuan Sosial (BanSos) dari Batalyon Infantri 112/Raider dalam rangka HUT mereka yang ke-57. Tahun ini mereka memilih merayakan dengan anak-anak penerima manfaat di Rumah Sejahtera Darusa’adah (RSD). Tema BakSos tahun ini adalah “Melalui bakti sosial HUT YONIF 112/RAIDER Ke-57 Satuan Raider Kodam IM serta membantu dan meringankan program pemerintahan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup anak-anak terlantar dan fakir miskin dalam rangka menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI.  Acara tersebut turut di-hadiri oleh Letkol. Novi Helmy Prasetya selaku Komandan Batalyon Infanteri 112/Raider bersama dengan anggotanya yang berjumlah kurang lebih 50 orang. 

 

 



2596 kali dibaca (selengkapnya... | 4220 byte lagi | Nilai: 4)

Pembukaan dan Orientasi Lingkungan Program Sosial Bina Remaja
Dikirim oleh pada Sabtu, 28 Mei 2011
Berita

“Anak Putus Sekolah Pun, Masih Bisa Menggapai Mimpi”

Oleh : Nia Sunatun Saniyah, S.ST

Perubahan selalu terjadi di masyarakat, semakin maju sebuah peradaban maka semakin banyak generasi yang tersingkirkan. Anak-anak adalah generasi penerus bangsa yang menjadi subjek utama dalam sebuah peradaban. Anak yang mempunyai pendidikan tentunya mempunyai peluang yang lebih besar untuk berguna dan ditawari sebuah pekerjaan, namun bagaimana anak yang pendidikannya terputus, apalagi anak yang sama sekali tidak pernah mengenyam pendidikan.

2294 kali dibaca (selengkapnya... | 3184 byte lagi | Nilai: 0)

Fenomena Kekerasan Anak di Aceh
Dikirim oleh pada Jumat, 18 Pebruari 2011
Berita

Gaung Kekerasan Anak di Aceh

Oleh: Nia S Saniyah*

Kamis, 16 Februari 2011 pukul 20.30 WIB Tim Profesional Rumah Sejahtera Darussa’adah dan TRC/Tim Reaksi Cepat Kemensos RI Kontributor Aceh melakukan rujukan anak yang mendapat tindak kekerasan oleh ayah tirinya ke Rumah Sakit Zainul Abidin Banda Aceh. Klien “F” yang berusia 10 tahun ini mengalami sakit dibagian perut yang kemudian didiagnosa oleh dokter  memiliki masalah dengan usus buntunya dan harus segera dioperasi.



6777 kali dibaca (selengkapnya... | 3116 byte lagi | Nilai: 5)

Powered by the AutoTheme HTML Theme System
Page created in 0.757657 Seconds