Pembukaan dan Orientasi Lingkungan Program Sosial Bina Remaja
Tanggal: Sabtu, 28 Mei 2011
Topik: Berita


“Anak Putus Sekolah Pun, Masih Bisa Menggapai Mimpi”

Oleh : Nia Sunatun Saniyah, S.ST

Perubahan selalu terjadi di masyarakat, semakin maju sebuah peradaban maka semakin banyak generasi yang tersingkirkan. Anak-anak adalah generasi penerus bangsa yang menjadi subjek utama dalam sebuah peradaban. Anak yang mempunyai pendidikan tentunya mempunyai peluang yang lebih besar untuk berguna dan ditawari sebuah pekerjaan, namun bagaimana anak yang pendidikannya terputus, apalagi anak yang sama sekali tidak pernah mengenyam pendidikan.

Anak yang putus sekolah menjadi salah satu tanggung jawab negara dan masyarakat untuk memberinya jalan dan cara terbaik agar mereka dapat bertahan ditengah perubahan. Kementerian Sosial RI cq Rumah Sejahtera Darussa’adah yang merupakan Unit Teknis Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial telah eksis di Prov. Aceh sejak 4 tahun yang lalu. Unit teknis yang memiliki pelayanan multi sosialnya, mempunyai program pemberian keterampilan yang masuk dalam Program Sosial Bina Remaja atau yang disingkat PSBR.

Kamis, 19 Mei 2011 Program Sosial Bina Remaja Angkatan VII tahun 2011 telah dibuka. Kegiatan yang diawali dengan penampilan kesenian asli Aceh yaitu Tari Ranup Lampuan ini diikuti oleh 32 peserta PSBR yang notabene nya merupakan anak putus sekolah dari 4 Kabupaten dan kota di Prov. Aceh. Kab.Bireun, Kab. Lhokseumawe, Kab. Pidi, dan Kab Pidie Jaya merupakan wilayah target pelayanan, dengan pertimbangan daerah tersebut memiliki jumlah anak putus sekolah yang bisa disebut tak sedikit.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Aceh ini mendapat dukungan yang serius. Semangat dan motivasi yang diberikan Kadinsos Prov. Aceh mampu meyakinkan anak-anak putus sekolah untuk kembali bermimpi dan merajut harapan mereka yang hampir sirna.

“besar harapan bapak pada kalian, mimpi bapak kalian bisa menjadi anak-anak daerah yang memiliki keterampilan hingga kalian bisa membuka lowongan pekerjaan bukan hanya mencari pekerjaan”, ungkap beliau. Dengan adanya Program Sosial Bina Remaja ini, Darussaadah bekerja sama dengan pihak Dinas Sosial Kota dan Kabupaten membantu anak-anak putus sekolah untuk mendapatkan dan menggapai mimpi mereka yang sempat tertunda. Kegiatan ini ditutup dengan penampilan dari Tim Satlat Boxer dan Tarian Rapai Geleng Rumah Sejahtera Darussa’adah. Peserta Boxer telah mengikuti kejuaraan Boxer tingkat nasional di Riau dan anak-anak yang tergabung dalam Tim Tari Rapai Geleng pun menjadi Juara III di perlombaan RRI tahun 2010.

Hal ini membuktikan bahwa Rumah Sejahtera Darussa’adah bukan hanya memfasilitasi anak meraih pendidikan dan mimpinya, tapi mereka pun diajak dan diajarkan cara untuk menggapai prestasi


•    Pekerja Sosial







Artikel dari PSAA Darussa'adah Aceh
http://darusaadah.depsos.go.id

URL:
http://darusaadah.depsos.go.id/modules.php?name=News&file=article&sid=21