Home | Profile | Map | Contact

Profil
· Profil Panti
· Visi dan Misi
· Struktur Organisasi
· Kegitan Penerima Manfaat

Menu Utama
· Depan
· Akun Anda
· Arsip Berita
· Downloads
· Gallery
· Kirim Berita
· Kontak
· Search
· Top 10
· Topics
· Web Links

Pencarian



Login
Nama Login

Password

Daftar
Lupa Password.


Pendampingan Sosial Kelompok Program Asuhan Anak RSD
Dikirim oleh Tamu - pada Senin, 11 April 2011
UPT

“Kelompok Dampingan, Miniatur Sebuah Keluarga”

Oleh: Nia Sunatun Saniyah,S.ST*

Minggu, 10 April 2011 di Aula Rumah Sejahtera Darussa’adah dilaksanakan kegiatan pembukaan pendampingan sosial kelompok untuk penerima manfaat di Program Asuhan Anak. Kegiatan yang diikuti oleh 62 penerima manfaat, 4 orang pengasuh, 8 orang pendamping dan 5 profesional (dua orang Pekerja Sosial, Pembimbing Psikologi, Pembimbing Agama dan Perawat) ini dimulai pukul 10.30.

 



Pendampingan Sosial Kelompok merupakan nomenklatur sederhana dari pelaksanaan metode Social Group Work/pekerjaan sosial dengan kelompok. Metode Social Group Work ini bertujuan untuk; Melihat perubahan perilaku setiap penerima manfaat, sehingga gejala perilaku mal adaptif dari penerima manfaat dalam sebuah kelompok diharapkan dapat terlihat dan terpantau oleh pendamping. Memudahkan proses terapi pada individu yang dilakukan oleh Pekerja Sosial dan Pembimbing Psikologi, selain metode Social Case Work. Menjaga keakraban diantara penerima manfaat, lintas asrama, lintas pendidikan dan lintas daerah. Melihat, menggali dan mengarahkan potensi individu melalui sebuah kelompok.

Kegiatan yang dibuka oleh Koordinator Program Asuhan Anak semakin meriah, disaat Koordinator Program, Darmanto,S.ST masuk ke dalam kelompok dan memposisikan diri sebagai pendamping yang ramah dan berbaur dengan anak. Suasana cair dan menyenangkan ini diisi dengan teknik Group Dynamics Exercises/Dinamika kelompok, Group Games/permainan kelompok and audiovisual material/pemberian materi audiovisual oleh pekerja sosial.

Selanjutnya, pembentukan pendampingan sosial kelompok ini juga akan berlanjut diminggu-minggu ke depan. Setiap kelompok akan dijadwalkan untuk bertemu dengan tim profesional secara bergantian. Diharapkan kerekatan dan kehangatan sebuah keluarga dapat terasakan dari masing-masing kelompok pendampingan sosial ini, sehingga kelompok dampingan menjadi miniatur sebuah keluarga dapat terwujud. Kondisi kedekatan dan kehangatan yang ada diharapkan sampai membuat penerima manfaat nyaman untuk berbagi cerita dengan sesama anggota kelompok kepada pendamping layaknya pada teman dekatnya. Jika sudah terasa sebagai sebuah keluarga maka gejala masalah dan potensi baik yang dimiliki oleh setiap individu dapat terlihat oleh ibu/bapak pendampingnya masing-masing, sehingga masalah dapat tertangani secara cepat dan potensi mereka dapat tersalurkan ke bidang yang tepat. *Pekerja Sosial




 
Link Terkait
· Lebih Banyak Tentang UPT
· Berita oleh tika


Berita terpopuler tentang UPT:
Cucu kandungku sekaligus anak biologisku


Nilai Berita
Rata-rata: 2.5
Pemilih: 2


Beri nilai berita ini:

Luar Biasa
Sangat Bagus
Bagus
Biasa
Jelek


Opsi

 Versi Cetak Versi Cetak


Powered by the AutoTheme HTML Theme System
Page created in 0.547102 Seconds